Teleskop Terbaik Untuk Mengamati Bintang 2022 – Apakah Anda sedang mengamati tata surya atau ingin melihat bintang di langit dalam, teleskop terbaik adalah instrumen optik yang harus dimiliki. Menggunakan lensa, cermin, atau kombinasi keduanya untuk mengumpulkan dan memfokuskan cahaya, teleskop optik meningkatkan ukuran nyata objek jauh — misalnya, planet dan bintang lain — sehingga kita dapat mengamatinya dengan lebih jelas.

Teleskop Terbaik Untuk Mengamati Bintang 2022

siriusobservatories – Teleskop optik biasanya dikategorikan menjadi tiga jenis utama: refraktor, reflektor, atau katadioptrik. Setiap jenis dilengkapi dengan kekuatan dan kelemahannya sendiri, yang harus Anda pertimbangkan saat memilih ruang lingkup. Misalnya, teleskop refraktor umumnya dianggap lebih cocok untuk melihat objek di dalam tata surya kita.

Baca Juga : Fasilitas dan Peralatan Observatorium Astronomi Belk

Jika Anda terutama tertarik untuk mengamati bulan atau salah satu planet tetangga kita, teleskop refraktor adalah tempat yang baik untuk memulai. Sebaliknya, jika Anda tertarik untuk mempelajari objek luar angkasa, ruang lingkup refraktor kemungkinan bukan pilihan terbaik untuk Anda.

Kategori hanyalah salah satu dari banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat berbelanja untuk teleskop, itulah sebabnya proses pemilihan bisa tampak begitu menakutkan. Tapi jangan khawatir — kami akan memberi Anda beberapa kejelasan tentang apa yang harus dicari saat menentukan cakupan, termasuk fitur mana yang harus Anda fokuskan atau abaikan. Kami juga akan memberikan pilihan kami untuk teleskop terbaik untuk kasus penggunaan dan aplikasi tertentu.

Teleskop Terbaik: Ulasan & Rekomendasi

1. Celestron NexStar 8SE

Celestron NexStar 8SE yang bertenaga dan sepenuhnya otomatis memiliki bukaan besar 203 milimeter yang memungkinkan pengguna menikmati pemandangan langit malam yang sebening kristal dari kenyamanan rumah mereka sendiri.

Spesifikasi:

  • Bukaan: 203 milimeter / 8 inci – Panjang Fokus: 2.032 milimeter / 80 inci – Pembesaran: 81x – Harga: $1,451.74

Kelebihan:

  • Teleskop komputerisasi Schmidt-Cassegrain 203-milimeter
  • Pemasangan otomatis sepenuhnya yang diprogram dengan 40.000+ benda langit – Teknologi SkyAlign memungkinkan pengaturan dan penyelarasan cepat – termasuk finderscope StarPointer

Kekurangan:

  • Menghabiskan baterai dengan cepat

Celestron NexStar 8SE adalah teleskop Schmidt-Cassegrain kuat yang memiliki bukaan lebar 203 milimeter, panjang fokus 2.032 milimeter, optik multi-lapis, dan perbesaran hingga 81x — semuanya memungkinkan pengguna untuk mengamati segala sesuatu dari bulan dan planet ke objek luar angkasa seperti bintang jauh dan galaksi jauh dengan kejernihan kristal.

Bersamaan dengan optik premiumnya, NexStar 8SE hadir dengan banyak fitur untuk memaksimalkan pengalaman melihat bintang di rumah Anda, termasuk pemasangan GoTo otomatis yang dapat secara otomatis menemukan dan melacak lebih dari 40.000 benda langit. Ini juga dilengkapi teknologi SkyAlign milik Celestron, yang menyiapkan teleskop dan siap untuk mengamati bintang-bintang dalam hitungan menit.

Meskipun teleskop ini sangat cocok untuk ditempatkan di halaman belakang Anda dan melihat langit malam, desain NexStar 8SE yang mudah dibongkar membuatnya mudah dibongkar dan disimpan, atau, jika perlu, diangkut ke lokasi lain.

NexStar 8SE lebih besar dan lebih mahal daripada saudaranya, NexStar 6SE, tetapi perbedaan yang cukup besar dalam kemampuan menangkap cahaya memberinya keunggulan dalam hal kinerja optik. Jika Anda mencari teleskop yang bagus untuk digunakan di rumah, hampir semua teleskop seri NexStar bisa digunakan. Namun, jika Anda mencari teleskop terbaik secara keseluruhan, maka Anda harus mempertimbangkan NexStar 8SE.

2. Celestron NexStar 5SE

Menggabungkan optik premium, nilai luar biasa, dan fungsionalitas tanpa batas, Celestron NexStar 5SE membuat pencarian benda langit favorit Anda menjadi mudah bagi pemula dan amatir yang ingin tahu.

Spesifikasi:

  • Bukaan: 125 milimeter / 5,0 inci – Panjang Fokus: 1250 milimeter / 49,2 inci – Pembesaran: 50x – Harga: $788,88

Kelebihan:

  • Teleskop komputerisasi Schmidt-Cassegrain 125mm – Pemasangan otomatis sepenuhnya yang diprogram dengan 40.000+ objek tata surya – Teknologi SkyAlign memungkinkan pengaturan dan penyelarasan cepat – Ringkas dan portabel

Kekurangan:

  • Masa pakai baterai pendek saat menggunakan baterai AA untuk daya

Berkat banyak fitur ramah pemula, Celestron NexStar 5SE adalah pilihan kami untuk teleskop terbaik untuk pemula . 5SE tidak memiliki kinerja yang sama dengan kakaknya, Nexstar 6SE, tetapi aperture 125 milimeter, kekuatan pembesar 50x, dan optik berlapis lebih dari cukup untuk menghasilkan gambar bulan yang jernih dan tajam. planet.

Sistem pelacakan NexStar 5SE yang mudah digunakan menggunakan pemasangan otomatis untuk menentukan dan fokus pada salah satu dari lebih dari 40.000 benda langit yang tersimpan dalam basis datanya yang luas. Kemudahan dan kecepatan di mana objek-objek ini berada, serta gambar yang dihasilkan setelahnya, juga akan menarik bagi para pemula, karena hal itu akan memberikan imbalan bagi upaya pengamatan bintang mereka dengan segera.

Meskipun NexStar 5SE beratnya hampir 30 pon, ia mudah rusak, membuatnya mudah untuk diangkut. Dan, berkat desainnya yang intuitif, pemasangan kembali teleskop menjadi sangat mudah, sehingga pengguna — terutama pemula — tidak perlu khawatir tentang langkah atau prosedur yang rumit.

Mencari opsi yang lebih ramah anggaran untuk pemula? Teleskop Refraktor Astromaster Ilmu Populer bekerja dengan Bluetooth untuk memungkinkan Anda mengambil foto dan video yang menarik.

3. Celestron AstroMaster 70AZ

Celestron AstroMaster 70AZ mudah diatur, mudah digunakan, dan dilengkapi dengan semua yang dibutuhkan astronom junior untuk memulai kunjungan pengamatan bintang mereka.

Spesifikasi:

  • Bukaan: 70 milimeter / 2,8 inci – Panjang Fokus: 900 milimeter / 35,4 inci – Pembesaran: 45x (10 milimeter lensa mata); 90x (20 milimeter lensa mata) — Harga: $97.70

Kelebihan:

  • Rakitan Tabung Optik (OTA) refraktor 70 milimeter
  • Optik kaca berlapis penuh meningkatkan transmisi cahaya
  • Pemasangan alt-azimuth manual memudahkan pelacakan objek
  • Termasuk lensa mata 10 milimeter dan 20 milimeter
  • Ringkas, ringan, dan portabel

Kekurangan:

  • Tripod biasa-biasa saja

Teleskop terbaik untuk anak-anak adalah teleskop yang memberikan pengalaman menarik bagi pengamat bintang muda tanpa membebani anggaran orang tua mereka. Celestron AstroMaster 70AZ memenuhi kedua persyaratan tersebut, berkat kemudahan penggunaannya, optik berkualitas tinggi, dan label harga yang wajar.

AstroMaster A70 adalah teleskop pembiasan dengan bukaan 70 milimeter (2,8 inci), panjang fokus 900 milimeter (35,4 inci), dan perbesaran pilihan Anda (45x atau 90x) tergantung pada lensa mata yang Anda gunakan. Teleskop berada di dudukan alt-azimuth yang mudah dioperasikan, yang bergerak secara vertikal dan horizontal dan terhubung ke tripod baja yang disertakan. Juga disertakan dengan AstroMaster adalah lensa mata 1,25 inci yang disebutkan di atas, finderscope, gambar diagonal, dan perangkat lunak gratis untuk membantu para astronom muda mengembangkan pengetahuan selestial mereka.

4. Sky-Watcher EvoStar 100

Bukaan besar EvoStar, perbesaran kuat, dan pemfokus yang mudah digunakan menjadikan opsi ini teleskop terbaik bagi para astrofotografer.

Spesifikasi:

  • Bukaan: 100 milimeter / 5,9 inci
  • Panjang Fokus: 900 milimeter / 35,4 inci
  • Pembesaran: 197x (maksimum)
  • Harga: $1,255

Kelebihan:

  • 100 milimeter refraktor OTA
  • Proprietary Metallic High-Transmission Coatings (MHTC) meminimalkan chromatic aberrations
  • Termasuk 2 inci dual-speed Crayford-style focuser
  • Dilengkapi dengan hard case aluminium berlapis busa

Kekurangan:

  • Tidak termasuk dudukan atau tripod

Bahkan pada titik harga yang relatif tinggi, Sky-Watcher EvoStar 100 menawarkan nilai luar biasa dan kinerja optik premium — baik untuk astronom visual maupun astrofotografer.

Refraktor elemen ganda ini memiliki aperture 100 milimeter (4 inci), panjang fokus 900 milimeter (35 inci), dan perbesaran maksimal 197x. Kelas optik EvoStar dilapisi dengan MHTC Sky-Watcher, yang meminimalkan aberasi kromatik dan membantu menghasilkan gambar yang tajam dan terkoreksi warna. Melengkapi fitur ramah-foto EvoStar adalah pemfokus gaya Crayford kecepatan ganda, yang memungkinkan Anda menemukan fokus dengan cepat terlepas dari lensa mata atau kamera yang Anda gunakan.

Teleskop Sky-Watcher EvoStar 100 hanya OTA-(rakitan tabung optik), jadi tidak dilengkapi dengan dudukan atau tripod. Namun, Skymax memang menyertakan pelat pas gaya Vixen, sehingga Anda dapat memasangnya ke hampir semua dudukan teleskop.

Sebagai pengganti tripod, EvoStar 100 hadir dengan beberapa aksesori, termasuk finderscope, diagonal dielektrik, dan casing aluminium berlapis busa. Untuk opsi lebih lanjut, berikut adalah teleskop terbaik untuk astrofotografi.

5. Teleskop Refraktor Gskyer AZ90600

Teleskop refraktor Gskyer AZ90600 menawarkan lebih banyak fitur dan aksesori daripada kit harga serupa lainnya, menjadikannya nilai keseluruhan yang bagus.

Spesifikasi:

  • Bukaan: 90 milimeter / 3,5 inci
  • Panjang Fokus: 600 milimeter / 23,6 inci
  • Pembesaran: 120x (maksimum)
  • Harga: $267,99

Kelebihan:

  • OTA refraktor 90 milimeter
  • Komponen optik film biru anti-reflektif yang dilapisi sepenuhnya
  • Termasuk tiga lensa okuler yang dapat dilepas (24x, 60x, dan 120x)
  • Mudah diatur dan digunakan

Kontra:

  • Tidak ada tas jinjing

Anda akan kesulitan menemukan kit teleskop lain yang menawarkan jumlah keuntungan yang sama dengan Gskyer AZ90600. Teleskop refraktor ini memiliki bukaan 90 milimeter (3,5 inci), panjang fokus 600 milimeter (23,6 inci), perbesaran maksimum 120x, dan tiga lensa okuler yang dapat diganti: 5 milimeter, 10 milimeter, dan 25 milimeter. Komponen film biru berlapis penuh anti-refleksi Gskyer AZ90600 meningkatkan transmisi cahaya dan memastikan tampilan bersih dan tajam.

Selain tiga lensa okuler yang dapat diganti yang disebutkan di atas, Gskyer AZ90600 juga dilengkapi dengan lensa 3x Barlow yang melipatgandakan daya pembesar setiap lensa okuler dan tripod aluminium alt-azimuth ukuran penuh yang mendukung berbagai ketinggian dan posisi tampilan.

Melengkapi daftar panjang fitur luar biasa Gskyer AZ90600 adalah fakta bahwa cukup mudah untuk mengatur dan langsung digunakan. Teleskop ini juga cukup ringan, artinya jika Anda tidak terlalu menyukai stasiun pengamatan bintang Anda saat ini, Anda dapat dengan mudah berkemas dan pindah ke tempat lain.

6. Sky-Watcher Skymax 127

Menggabungkan rasio fokus yang lebih lambat dan bidang pandang yang lebih sempit dengan apertur 127 milimeter dan optik kontras tinggi yang dilapisi sepenuhnya menjadikan Sky-Watcher Skymax 127 cakupan ideal untuk melihat planet.

Spesifikasi:

  • Bukaan: 127 milimeter / 5 inci – Panjang Fokus: 1540 milimeter / 60,6 inci
  • Pembesaran: 250x (maksimum) – Harga: $833,21

Kelebihan: –

  • Teleskop Maksutov-Cassegrain 127 milimeter – MHTC eksklusif meningkatkan kecerahan, warna, dan kontras
  • Pelat pas gaya Vixen mendukung hampir semua dudukan teleskop
  • Ringan dan portabel

Kekurangan:

  • Tidak termasuk dudukan atau tripod

Jika Anda tertarik untuk melihat bulan, planet, dan benda langit lainnya di tata surya kita, maka sebagai teleskop terbaik untuk melihat planet dan galaksi, Sky-Watcher Skymax 127 adalah pilihan yang sangat baik. Teleskop Maksutov-Cassegrain 127-milimeter ini memberikan kinerja optik yang sangat baik dengan kontras tinggi dan hampir tidak ada chromatic aberration.

Performa yang dikombinasikan dengan rasio fokus f/12 Skymax yang lebih lambat dan bidang pandang yang lebih sempit memungkinkan pengguna untuk mengamati bulan, planet, dan objek tata surya lainnya dengan sangat detail.

Teleskop Sky-Watcher Skymax 127 hanya OTA, artinya tidak termasuk dudukan atau tripod. Namun, Skymax memang menyertakan pelat pas gaya Vixen, sehingga Anda dapat memasangnya ke hampir semua dudukan teleskop.

Leave a Reply